Rabu, 10 April 2013

Thurday News : Paris Pekerjakan Domba untuk Pangkas Rumput

Paris Pekerjakan Domba untuk Pangkas Rumput

Efektif sekali pemerintah kota Paris. Mereka mempekerjakan empat domba hitam untuk memangkas rumput. Selain itu, para pekerja berkaki empat ini juga harus memangkas semak-semak yang ada di tanah dekat gedung-gedung penting di Paris.

Domba yang berasal dari jenis Breton kecil dan sering disebut Ouessant ini memang dimaksudkan untuk menjadi alternatif mesin. Mesin pemangkas rumput memerlukan bensin, sementara jika mempekerjakan domba-domba ini tidak perlu bensin. Mereka hanya memerlukan rumput dan semak-semak sebagai bahan bakar.

Para pejabat kota Paris sebelumnya pernah mencoba mempekerjakan keledai untuk menghabiskan rumput, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Setelah dicoba, tampaknya domba lebih cocok melakukan pekerjaan itu.

Rene Dutrey, seorang pejabat di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, menjelaskan bahwa biaya untuk membeli domba itu sebesar 335 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta. ”Ini bukan rencana jangka pendek sesaat saja,” ujarnya sambil menjelaskan bahwa domba-domba tersebut akan bekerja di tanah itu hingga Oktober mendatang.

Untuk menjaga dari gangguan anjing, domba-domba itu dilindungi dengan pagar beraliran listrik. Penduduk dianjurkan datang dan mengunjungi para pekerja berkaki empat itu. Ide yang bagus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar