Minggu, 28 April 2013

News : Pengangguran Spanyol terburuk sejak 1976


Tingkat pengangguran di Spanyol mencatat rekor tertinggi 27,2% atau lebih dari enam juta orang dari total angkatan kerja dalam kuartal pertama tahun ini.
Angka pengangguran ini menunjukkan kesulitan Spanyol untuk bangkit dari krisis ekonomi yang dimulai lima tahun lalu.

Banyak kalangan yang menyatakan kemarahan atas langkah pengetatan ikat pinggang pemerintah, yang disebutkan pihak penentang semakin memperparah krisis.Demonstrasi besar direncanakan akan digelar di depan gedung parlemen Kamis (25/04).
Perdana Menteri Mariano Rajoy hari Jumat (26/04) akan memaparkan kebijakan fiskal baru yang ditujukan untuk menghentikan resesi negara terbesar keempat dalam zona pengguna mata uang euro ini.

Paling buruk sejak 1976

Angka pengangguran ini merupakan yang tertinggi sejak paling tidak 1976, tahun dimulainya transisi Spanyol ke demokrasi setelah kematian diktator Francisco Franco.
Data pengangguran yang mencapai 7,9% pada pertengahan 2007 dan terus memburuk sejak anjloknya pembangunan properti tahun 2008.
Perdana Menteri Rajoy mengatakan Rabu (24/04) di depan parlemen bahwa masalah pengangguran tahun ini "tidak akan bagus, namun tidak akan lebih parah di bandingkan tahun-tahun sebelumnya."
"Tahun depan, akan ada pertumbuhan dan lapangan kerja akan tercipta di negara kita," katanya.
Sementara itu, Prancis -negara kedua terbesar dalam zona pengguna mata uang euro- juga akan mengeluarkan data tentang jumlah pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar