Minggu, 24 Maret 2013

Monday News : Lautan, Korban Lingkungan atau penyelamat? (From Philippe Cousteau, environmental advocate)


Kakek saya Jacques Cousteau dan ayahku Philippe mendedikasikan hidup mereka untuk mengungkapkan keajaiban laut dan membantu kita memahami hubungan kita dengan ini hamparan luas air. Pekerjaan mereka terinspirasi generasi dan diisi dengan orang-orang kagum.
Waktu telah berubah dan sehingga memiliki keadaan dan persepsi tentang laut. Dalam beberapa tahun terakhir, fokus telah pada tantangan yang sangat serius laut menghadapi dan dampak tantangan sudah memiliki pada kehidupan kita sehari-hari.
Dampak dari perubahan iklim, polusi dan penangkapan ikan yang berlebihan harus menjadi berita utama karena laut dan kita semua - dan saya secara harfiah berarti seluruh umat manusia - yang bergantung pada sumber daya yang menghadapi prospek yang sangat nyata dari runtuhnya bencana ekosistem laut jika kita melanjutkan program kami saat ini.










"Laut bisa dan harus menjadi sumber harapan dan solusi untuk masa depan yang lebih cerah
Philippe Cousteau, advokat lingkungan
Meskipun tantangan yang dihadapi laut kami, saya percaya saatnya untuk merebut kembali rasa heran dan inspirasi kakek saya dan ayah merasa ketika mereka menatap pada permukaannya. Bahkan, laut dapat dan harus menjadi sumber harapan dan solusi untuk masa depan yang lebih cerah.
 

Sebelum Anda menuduh saya menghindari kenyataan pahit dingin untuk melihat dunia melalui kacamata berwarna merah, dengarkan aku. Yang saya usulkan adalah bahwa kita melangkah mundur dan melihat pada potensi laut yang sehat harus memberikan kami dengan masa depan yang sejahtera dan berkelanjutan.
Hanya luangkan waktu untuk berpikir tentang apa laut lakukan bagi kita setiap hari: menghasilkan setengah dari oksigen dunia, tetapi memberikan lebih dari satu miliar orang dengan sumber utama mereka protein, alam eko-sistem seperti terumbu karang, mangrove dan lahan basah memberikan perlindungan terhadap erosi pantai dan bencana alam seperti tsunami, melainkan mengatur iklim kita, dan bisnis bahan bakar laut yang sehat dan berkelanjutan ekonomi yang kuat dalam industri seperti makanan laut, pariwisata, farmasi dan pengiriman.

Itu benar-benar hanya awal. Periksa Ocean Conservancy ini "Mengapa Samudera Matters" fitur jika Anda ingin benar-benar kagum. Maksud saya adalah jawaban atas banyak tantangan terbesar kami lingkungan dan sosial secara harfiah mengelilingi kita.
Untuk laut untuk terus melakukan apa yang dilakukan itu selama jutaan tahun dan melayani kebutuhan populasi manusia berkembang pesat, perlu menjadi sehat. Keanekaragaman hayati, terumbu karang, lahan basah dan sampah-bebas laut tidak hanya istilah pada halaman mereka adalah imperatif lingkungan yang menentukan masa depan planet ini.
Kami memiliki pengetahuan dan sumber daya untuk melestarikan dan mengembalikan sistem perairan dan kelautan yang menjaga laut dan kita sehat. Seperti kakek saya pernah berkata, "Teknologi yang kita gunakan untuk menyalahgunakan planet adalah teknologi yang sama yang dapat membantu kita untuk menyembuhkannya."

 

Teknologi besar seperti energi terbarukan, penyerapan karbon dan kemajuan dalam akuakultur tentu memiliki peran besar dalam memulihkan laut dan planet untuk keseimbangan yang sehat, tetapi dalam banyak kasus itu soal pemberian alam ruang dan waktu untuk melakukan apa yang perlu dilakukan dengan uluran tangan dari kita semua.
"Kabar baiknya adalah teknologi dan masa depan yang berfokus pada kelompok menyediakan kami dengan beberapa alat besar dan sumber daya untuk mendapatkan inspirasi dan membuat keputusan cerdas
 




                                           Philippe Cousteau, advokat lingkungan
 

Peraturan yang membantu mengisi dan melindungi stok ikan, restorasi dan proyek konservasi untuk melindungi dan memelihara hambatan alam seperti terumbu karang dan lahan basah, dan upaya reboisasi adalah segala sesuatu yang dapat memiliki dampak besar pada kesehatan laut tanpa ilmu roket diperlukan.
Ambil perikanan misalnya, dengan dua miliar orang bergabung dengan kami di planet ini selama 40 tahun ke depan, akan ada kebutuhan yang besar untuk lebih banyak sumber protein. Jika sumber-sumber protein yang dibutuhkan adalah untuk datang terutama dari ternak ada potensi yang sangat nyata untuk pencemaran bencana air dan tanah, belum lagi peningkatan eksponensial dalam emisi karbon.
Baca: overfished dan di bawah yang dilindungi
Tapi, oleh beberapa perkiraan, hanya mengelola perikanan yang lebih baik bisa memberi makan hingga satu miliar orang-orang dan ingat, makanan laut adalah 7-10 kali lebih efisien sebagai sumber protein dibanding darat sumber daging ... jika dikelola dengan baik.
Jika Anda berpikir ini semua terdengar seperti masa depan laut adalah di tangan pembuat kebijakan dan industri besar, silakan berpikir lagi. Setiap jam setiap hari kita masing-masing memiliki kesempatan untuk membuat pilihan dengan dampak, dari apa yang kita makan dan hal-hal yang kita beli pada contoh-contoh yang kita ditetapkan untuk anak-anak kita dan teman-teman.
Kabar baiknya adalah teknologi dan masa depan yang berfokus pada kelompok menyediakan kami dengan beberapa alat besar dan sumber daya untuk mendapatkan inspirasi dan membuat keputusan cerdas. Sebagai contoh: Seafood Watch Monterey Bay Aquarium saku panduan dan Ocean Conservancy yang Rippl app atau Tantangan Water Planet EarthEcho itu.
Kami dapat memastikan laut terus memberikan inspirasi, heran dan solusi untuk generasi, namun, itu semua bermuara pada keinginan pribadi dan kolektif. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan ini: Ketika Anda melihat pada laut 10 tahun dari sekarang, apakah Anda ingin melihat pengingat sedih apa yang telah, atau apakah Anda ingin dipenuhi dengan kagum dan terinspirasi oleh rasa kemungkinan tak terbatas?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar