Selasa, 14 Mei 2013

Info : Benda peninggalan ini bernilai milyaran !!

Buku cetakan pertama Amerika Serikat

 
 
 
 
Buku pertama yang dicetak di Amerika Serikat akan dilelang di New York dan diperkirakan mampu mencapai Rp.28,5 milyar.
Berisi ayat-ayat injil Mazmur, The Bay Psalm Book dicetak di Massachusetts pada tahun 1640 dan merupakan satu dari 11 yang masih bertahan hingga saat ini.
Terakhir kali buku dengan judul yang sama dilelang tahun 1947 dan terjual dengan harga lelang buku tertinggi saat itu senilai US$151.000 yang jika dihitung dengan nilai saat ini setara dengan US$1,56 juta.
The Bay Psalm Book ditulis oleh umat Kristen di Amerika Serikat 20 tahun setelah komunitas jemaat Kristen di Plymouth, Massachusetts.
John Cotton, Richard Mather, dan John Eliot, menulis buku itu karena mengingingkan versi yang lebih dekat dengan Bahasa Ibrani asli dibanding dengan versi yang mereka beli dari Gereja Anglikan Inggris. Dana untuk pencetakan buku digalang di Inggris dan digunakan di hampir semua kebaktian di kawasan Teluk Massachussets.
 

 

Lukisan Chinese Girl laku Rp14,4 miliar

 
 
 
Lukisan Chinese Girl karya Vladimir Tretchikoff dijual dengan harga £982.050 atau sekitar Rp14,4 miliar dalam lelang di London.                     
Harga tersebut tercatat dua kali lipat dibanding harga yang dipatok oleh balai lelang Bonhams.
Lukisan potret seorang anak perempuan Cina berkulit hijau dan mempunyai bibir berwarna merah delima itu semula diperkirakan akan laku £500.000.
Lukisan dibeli oleh seorang pengusaha perhiasan asal Inggris Laurence Graff. Lukisan selanjutnya akan dipamerkan di Afrika Selatan.
Menurut seorang eksekutif Bonhams, lukisan Klik Chinese Girl akan dipamerkan bersama koleksi-koleksi benda seni Graff di Delaire Graff Estate, di dekat kota Stellenbosch, Afrika Selatan.
 

Buku Charles Dickens laku Rp3,4 miliar

 
 
 
Sebuah buku yang merupakan terbitan pertama karya sastrawan kenamaan Inggris, Charles Dickens, diperkirakan akan laku dalam lelang dengan harga £230.000 (setara dengan Rp3,4 miliar).

Berjudul A Christmas Carol, buku itu merupakan satu dari sejumlah buku koleksi berharga yang akan dilelang di Edinburgh, Skotlandia, pekan ini.

Karya lain yang dilelang adalah karya F Scott Fitzgerald berjudul The Great Gatsby serta buku Evelyn Waugh berjudul Brideshead Revisited. Keduanya dilengkapi dengan tanda tangan pengarangnya yang sudah lama tiada.                     

Ada pula buku edisi cetak pertama dari novel Ulysses karya James Joyce yang diperkirakan akan dibeli kolektor dengan harga £3.000 (Rp44 juta).

Salinan novel The Great Gatsby, yang akan dibuat adaptasi film layar lebarnya dengan bintang Leonardo DiCaprio, diperkirakan akan terjual seharga £700 (Rp10,5 juta). Edisi pertama buku anak-anak berjudul The Wind in the Willows juga akan dilelang.

Buku-buku tersebut adalah milik Bruce Ritchie, seorang guru bahasa Inggris yang sangat gemar sastra.
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar